Arsip | Desember, 2012

Kapan terakhir kali kalian meneteskan air mata, kawan…?

30 Des

Rabu lalu mengikuti ceramah di mesjid, topiknya : “hati yang lemah lembut” ( ini karangan saya aja, soalnya pak ustad nggak ngasih judul sih …  🙂 ). Ada satu pertanyaan pak ustad  yang menggelitik hati :” Kapan terakhir kali anda meneteskan air mata…? ”

Banyak diantara jemaah yang menjawab tidak tau, atau sudah lama sekali, atau beberapa tahun yang lalu saat ortu atau saudara dll meninggal dunia. Dan ketika pak ustad menunjuk satu persatu jemaah dan tiba giliran saya ada niat untuk berbohong tapi takut karena lagi di rumah Allah jadi jawab jujur aja ” Sebelum maghrib tadi, pak Ustad…” dengan wajah merah saking malunya….

Sontak para jemaah berpaling dan saya langsung jadi pusat perhatian… banyak yang bisik-bisik ( mungkin mau dijadiin sumber gosip kali ya…he..he… ), ada juga yang ketawa, atau malah geleng-geleng ( nggak tau maksudnya apa..). Dan ini terus terang sesuatu yang paling saya hindari, bikin saya nggak nyaman. Tapi pak ustadnya nanya lagi sebab saya nangis dan dengan bloonnya saya jawab jujur aja kepalang basah.

Ini semua gara-gara novelnya Tere Liye ” Daun yang jatuh tak pernah membenci angin”

Saya memang sangat suka novel, kalau nggak termasuk gila novel ya…dan saya berulang kali membaca novel ini karena ngebut  jadi beberapa halaman yang diskip diulang baca lagi.

Ada pesan moral yang bagi saya sangat dalam artinya dalam novel ini. Tentang perjuangan hidup, kasih sayang, cinta , tentang arti memiliki dan sebagainya termasuk mengambil keputusan penting dalam hidup yang melibatkan banyak orang…. tapi ya itu tadi… setelah membaca yang ke sekian belas kali.. saya tetap meneteskan akhir mata…sebenarnya I HATE SAD ENDING NOVEL….tapi entah kenapa saya selalu pengen baca lagi..

Novel ini  bikin saya nangis, hidung merah, mata sembab, jadi tertawaan di pengajian… tapi satu hal yang bisa bikin saya sumringah alias terhibur, kata pak ustad : ” Hati yang sering disirami dengan air mata adalah hati yang peka dan lemah lembut, dan Alhamdulillah Allah menciptakan air mata sebagai pembasuh hati”

So, HIDUP NANGIS, HIDUP MEWEK !!!!

Ps : Mulai sekarang saya tidak akan malu lagi nangis tuh

Ps2 :  Dan saya ingin punya hati yang peka dan lemah lembut..

PS lagi : Jadi sekarang saya lagi nyari teman nih buat nangis bareng… ada yang mau…???

Antara Aceng dan Etika Moral

5 Des

“…..Kan lebih baik saya menikah siri dari pada berzina….”

Kutipan kalimat diatas saya dengar pas lagi ngutak-ngatik remote control. Sejenak terpana, dan saya mengikuti terus “celotehan” dan “pembenaran diri” dari seorang bupati atas tindakan dan perbuatannya yang banyak menuai kritik dan kecaman dari bukan saja masyarakatnya sendiri di daerah Garut, tapi meluas jadi isu nasional hingga berbagai aktivis dan LSM angkat bicara.

Miris. Itu yang saya rasakan selain perasaan marah, jijik, muak dan berbagai perasaan negatif lainnya. Saya bukan orang yang suka menjudge seseorang hanya dengan sekali perkenalan, atau sepotong kalimat tanpa mengenal orang tersebut lebih dalam. Bukan pula saya berhak menvonis seseorang atas perbuatannya salah atau benar. Tapi kalimat itu bagi saya berarti si Aceng berkata : ” …. dari pada saya masuk neraka ( di akhirat ) lebih baik kamu ( sang istri siri ) masuk neraka ( di dunia ) … “

Kawan, berhakkah kita menjerumuskan seseorang yang seharusnya kita lindungi dan hormati – dalam hal ini wanita muda yang baru 19 th.. ( dan itu bagi saya usia yang masiiih sangat hijau , polos ) hanya demi sebuah dorongan sy**w** ? Apa namanya kalau bukan nafsu syetan jika pembatalan  itu karena tidak lagi p***w*n seperti alasan si Aceng ? Segitu rendahkan janji sakral yang melibatkan nama Tuhan ?

Sekali lagi saya miris, atas kebejatan moral yang dipertontonkan…. 

 

 

Hmmm…..

3 Des

Bedtime talk (istilah mama..) pada suatu malam yang belum larut..

 

Mama : Pa, tau nggak  mobil Alphard yang sering lewat itu ternyata punya Pak D lho.. ( nyender kaki kedinding, raih novel, pura-pura baca )

Papa  : Oya…( asyik didepan laptop buluknya )

M       : Papa udah tau ?? ( sok cuek padahal ada maunya…)

P        : Hmmmm ( masih asyik )

M       : Senang ya punya mobil bisa ganti-ganti gitu ( ntah ngomong sama siapa )

             Pa, nggak pengen punya mobil ? kan enak kemana-mana bisa cepat.

P        : Nggak, mending bawa si REVO

M       : Kalau bawa anak-anak ? kan repot.. nggak bisa ikut semua..

P        : Mama mau yang mana ? Ntar papa tanya pak Ali ( sambil terus

             natap monitor)

M       : Lho …pak Ali sekarang jual mobil juga ? ( senyum sumringah…)

P        : Mama… ( balik badan dengan tampang tak bersalah )

M       : ( menelan senyum, melihat ekspresi papa…) dalam hati “Ceramah…”

Papa  :

“Mama mau kemana   ? Mau pake mobil apa ? tinggal pilih kan ? Ngapaian beli, duit bisa buat yang lain. Ngutang ? bikin pusing.!! Coba mama pikir mobil  A ( sebuah merek) aja kreditannya 4 jutaan perbulan lha perhari kita mesti ngumpulin berapa…? bisa bangkrut warung kita.. mending sewa aja.. mau yang gede, yang kecil, yang biasa, yang mewah tinggal pilih ! Nggak perlu mikirin ban, oli, pajak, kotor, kreditan, rusak bla…bla…bla…

Kalo Pak I ( juragan cabe di kampung kami ) yang punya mobil mewah itu papa nggak heran, tapi kalo Pak D…. papa nggak tau dia dapat duit dari mana…Jangan-jangan nanti KPK masuk ke kampung kita.

Lagi pula Ma, punya mobil itu merusak lingkungan, udara. Coba pikir, kemana-mana,  dekat pun pake mobil, berapa bensinnya, berapa polusinya ( tumben si papa mikirin dunia…) apa nggak makin hancur dunia ini ? Gimana anak cucu kita bisa hidup di udara yang sekarang aja udah segini kotornya….

dan…. ceramah itu berlanjut walaupun mama menguap lebar dan nyungsep ke balik bantal…

Teman, apa arti mobil/motor bagi kalian… ?

Maaf ini cuma percakapan orang yang nggak ( mungkin) punya mobil , buat yang punya jangan dengar ceramah papa ya ..peace  🙂

 

 

 

 

 

Minggu pagi…..

3 Des

Habis sarapan ngumpul semua di kamar berleyeh-leyeh, ngobrol ngalor-ngidul nggak karuan hingga papa punya ide main teka-teki.

Nah, ada yang bisa bantuin jawab nggak.. soalnya teka-teki si papa garing bikin anak-anak protes semua… he..he…

Nih kalau nggak percaya  ..

Telur bebek takutnya sama telur apa… hayooo….emang ..Telur juga manusiaaaa  (eh mama malah nyanyi) kok bisa takut sih ?

Kera apa yang bikin pemerintah kalang kabut ? ( halah korupsi miliran aja pemerintah nggak kalang kabut ini baru kera… 🙂 )

Apa beda matahari dengan bulan ? ( iiih si papa kenapa sih nggak bisa bedain matahari dengan bulan ? udah mulai pikun ya…)

Dan… hasilnya bantal melayang kemana mana.Tinggal mama ngelus dada ngeliat kamar yang berantakan (lagi).

Teman, bagaimana kalian melewati minggu pagi…?

 

 

Hello world!

2 Des

Bismillah….

Alhamdulillah.. akhirnya Rumah Yara bisa kami tempati walau masih berantakan disana-sini. Disini berawal semua cerita, tentang celoteh kanak-kanak, tawa ceria, harapan , mimpi-mimpi dan kenyataan.

Selamat datang buat para tamu kami, semoga betah dan bisa bawa oleh-oleh yang bermanfaat ya..Jangan bosan untuk datang lagi, kami menunggu dengan tangan dan hati terbuka lebar.. 🙂

So Hello World!  Here We Are……!!!!

Catatan Mimi

💟Why Care Our Deaths if We Care Not Our Lives?💟

Deny and Ewald

Our Journey in Love and Life

Menjalani hari dengan hati....

me, mylife, mycrafts

chocoStorm

The Dark Side of Me

Sekedar Bercerita

Anggi Sekedar bercerita tentang sekitarnya dan yang ada dipikirannya

Memorabilia

Catatan anak rantau dalam menggapai Impian, Cita-cita, dan Cinta

Jurnal I.S. Siregar

Karena menulis adalah rindu...

AKADEMI BISNIS DIGITAL

Sehat, Kreatif, Cerdas, Terampil, Sopan, dan Berkarakter

bolang5768

bisnis online

Haji Dwi Sugiarto

Maju Madiun Ku Memahami Ini

perpuskecil.wordpress.com/

some books to share from my little library

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

chocoVanilla

Sweety, milky, creamy, crispy, bitter also

Stupid Monkey

Life is fail to be perfect, but never fails to be beautiful

Catatan Mimi

💟Why Care Our Deaths if We Care Not Our Lives?💟

Deny and Ewald

Our Journey in Love and Life

Menjalani hari dengan hati....

me, mylife, mycrafts

chocoStorm

The Dark Side of Me

Sekedar Bercerita

Anggi Sekedar bercerita tentang sekitarnya dan yang ada dipikirannya

Memorabilia

Catatan anak rantau dalam menggapai Impian, Cita-cita, dan Cinta

Jurnal I.S. Siregar

Karena menulis adalah rindu...

AKADEMI BISNIS DIGITAL

Sehat, Kreatif, Cerdas, Terampil, Sopan, dan Berkarakter

bolang5768

bisnis online

Haji Dwi Sugiarto

Maju Madiun Ku Memahami Ini

perpuskecil.wordpress.com/

some books to share from my little library

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

chocoVanilla

Sweety, milky, creamy, crispy, bitter also

Stupid Monkey

Life is fail to be perfect, but never fails to be beautiful