Arsip | Remeh Temeh RSS feed for this section

#47.. M A J A S

4 Feb

Beberapa waktu lalu iseng komen di status facebook teman yang lagi galau dengan kerjaan yang menumpuk sampai harus lembur di malam minggu. Si teman pake gaya bahasa terbalik menggambarkan situasinya dan saya dengan lost focus-nya malah komen :” jadi ingat majas paradoks..” daannn… bergulirlah pembicaraan kami kayak bola salju yang meluncur jauh entah kemana ( ini gaya bahasa apa hayooo… ๐Ÿ˜† ) mulai dari kenangan dengan guru bahasa Indonesia dulu hingga mutu dan pelajaran anak anak saat ini….

Yang bikin saya melongo, ada teman lain yang nimbrung kalau majas atau gaya bahasa kayaknya tidak lagi diajarkan di sekolah sekolah.. saya juga nggak nanya detail sih ditingkat mana SD atau SMP atau SMU kah.. Hanya saya merasa dari sekian banyak materi pelajaran bahasa Indonesia, pelajaran Gaya bahasa inilah yang paling menarik..(buat saya kali ya..).Apalagi bila gurunya menerangkan dengan contoh yang lucu dan bisa bikin ngakak…

Waktu nanya ke Yafie ( udah SMU ) atau Yaumil ( masih SMP ), saya makin heran… mereka aja yang nggak nangkap pelajarannya…. atau memang belum/tidak diajarkan lagi disekolah ya.. dan kenapa..? Kalau ada teman yang tau yuuk sharing ya…

Daan.. beberapa hari belakangan saya makin tergelitik dengan gaya bahasa ini saat menonton televisi di tengan kisruh masalah politik dan hukum dinegeri kita… Gaya bahasa para pejabat dan pengamatnya itu lho…. ck..ck..ck….. Karena keseringan make hiperbola, sinisme bahkan sarkasme mereka melupakan satu gaya bahasa yang sangat penting menurut saya EUFIMISME.

Akhirnya.. kadang pepatah dari kampung tetangga saya ” Don’t judge the book by it’s cover ” nggak selamanya benar buktinya saya yang berasal dari ‘rakyat nggak jelas’ kadang percaya: we can judge the book by it’s cover.. *ampuunn kok ikut ikutan ya.. istigfar..!!

Kabar baiknya : saya rajin guling guling eh googling googling gara gara pengen belajar majas lagi… ๐Ÿ˜†

Iklan

#38.. Amarylis Sayangku…

16 Agu

Ya, Amarylis-ku mekar sudah…. haahhh Subhanallah.. Cantiiiknya…

amarilis 1 amarilis2

Behind The Scene

Boleh bilang saya lebay… # pasrah aja

Jadi sebenarnya saya orang yang udah “murtad” ( nah lebay lagi ) yang kembali ke “jalan kebenaran”. Setelah sekian belas tahun, – sejak punya anak satu , dan sterusnya nyusul cowok semua -, nggak pernah bergelut lagi dengan tanaman apalagi bunga-bungaan, kehadiran Yara membawa sesuatu yang lain. Saya jadi pengen rumah indah lagi dengan bunga-bunga, dan dimulailah perburuan bunga walau cuma dari rumah tetangga ke rumah saudara ( ha..ha… yang penting gratis..tis..tis ) dan salah satunya bunga ini.

Saya merasakan penantian yang panjang menuju mekarnya dan deg-degan mulai dari tumbuh tunas bunga hingga akhirnya….

Yuukk kita nikmati bersama, menatap indahnya….. ๐Ÿ˜†

#37.. Arrrgghhhh….

19 Jul

Arrggghhh pengen jedotin jidat ke tembok…!!

Cabe 15 ribu seperempat kilo,

Bawang merah 12 ribu seperempat kilo,

Sayuran biasanya bisa 2000 sekarang 4000,

Ongkos ojek biasa 2000 perak sekarang jadi 3000,

Daging sapi 100.000 perkilo,

Ayam biasa 35.000 per ekor jadi 45.000 per ekor…

Telor 1250 per butir,

Tomat, bumbu, minyak, gas, listrik….

Buka dompet.. terpana…

Arrggghhhhh….Pengen mencekik tukang daging tapi takut…

TATONYA BANYAK…!!!!

#34.. Lagi Ingin Bercerita, tapi…

25 Jun

Hai-hai…apa kabar teman ? Lama nggak berkunjung ke rumah Yara ya tuuhhh udah berdebu semua .. Mau bersih-bersih dulu ( ambil kemoceng ama sapu, tarik nafas daaannnn kerja, kerja mari kita kerja…)

eng ing eng…pas saya baru bikin kalimat diatas, tergoda deh balik ke reader dulu dan entah kenapa saya nemu tulisan ini… daannn

sumpah !!! saya ngakak abiisss… gara-gara tiga kata. Dua kata yang udah saya tulis diatas dan di-italic (miring) dan kata yang ditulis Bebe: Vacuum Cleaner

๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

kampungan ?
ndeso ?
generation gap ?

entahlah… hal kecil yang bagi saya lucu dan bikin saya bahagia..

misi dulu ya… mau lanjutin ngakaknya… eh ada yang mau ikutan ?…ayuukkk !!!

#29.. Dibutuhkan Segera : Guru Spiritual

8 Apr


Persyaratan :

1. Pria (ganteng) Wanita (cantik )
2. Lulusan Universitas terkenal, IPK minimal 3.5
3. Pengalaman minimal 10 tahun
4. Mahir menggunakan komputer dan berbahasa Inggris
5. Mempunyai minat yang tinggi dibidang Spiritual
6. Bisa berkomunikasi dengan ramah, sabar dan lincah bersilat lidah
7. Bisa bekerja dalam Tim dan Target Oriented.
8. Money oriented
9. Suka pencitraan
10.Tahu dengan HAM
11.Bermuka tembok, lebih disukai
12.Pandai bermain siku (nyikut maksudne..)
13….

Maaf, ini sinisme hidup saya yang bosan dengan TV, liat orang grasak grusuk daftar jadi PNS , Caleg, Capres, nyogok nyari jabatan, korupsi di tiap kesempatan, bunuh-bunuhan karena hal kecil, ..hahh bener-bener negeri salah urus.

Nonton berita diare, nonton infotainment muntah, nonton sinetron mual, main laptop si inet sakau, mau keluar rumah langit lagi meratap..jadi..

Psstt.. ngemeng-ngemeng istri si eyang rambutnya assyik ya…hhhbuahha..ha..ha..jadi nggak ngerti orang ngomongin apa karena asyik ngeliat modelnya pengen coba ahhh.. buka jilbab dulu.. wkwkwkwkwkw..(ampuunnn .. jangan di santet )

HAPPY MONDAY EVERYBODY.. Semoga minggu ini lebih baik dari minggu kemaren ya…

#27.. Teman Maya

24 Mar

Bukan mau menceritakan tentang teman-teman Maya ponakan saya di dunia maya atau teman-teman saya yang nggak kenal Maya atau teman saya yang kenal Maya didunia maya atau nyata, tapi mau cerita tentang teman di dunia maya.. jadi ada berapa kata maya ya… eh bingung ya…?
samaaa… maaf penyakit gila no 05 saya lagi kumat ha..ha…#niru Andrea Hirata

Gara-gara saya diijinkan numpang keren di blognya mbak ely dan jawab (wajib.. ๐Ÿ™‚ ) semua komentar yang masuk banyak banget teman baru yang saya dapat.. Ya bagi saya kalau udah berbalas sapa apalagi ngobrol panjang lebar itu udah teman.. soo simple …sesederhana itu.

Dan saya berkesimpulan teman di dunia maya itu kok rasanya lebih tulus ya.. dibanding dunia nyata.
Soalnya tanpa tendensi atau kepentingan apapun kita bisa saling bertukar kata, berbagi pikiran, sharing pengalaman, saling mengingat kenangan, berceloteh dan bercanda.. pokoknya bebas dalam batas saling menghargai dan menghormati.

Bandingkan dengan di dunia nyata,

pertama bertemu kita harus kasih salam dulu.. nggak bisa langsung nyerocos..

kedua perkenalkan diri.. sebut nama… nggak bisa langsung tanya-tanya…

ketiga minta ijin untuk ikut dalam percakapan atau topik yang dibahas… nggak bisa langsung ngasih komentar …

keempat liat-liat dulu siapa senior disana.. kudu kasih hormat.. nggak bisa langsung unjuk gigi..

kelima nyimak dulu … nggak bisa langsung hajar bleh..

keenam kalau tampangnya agak wahh.. kita ( saya aja kalee.. ) langsung nilai penampilan sendiri.. ๐Ÿ™‚

ketujuh..hmmm..ah ribet… ada yang mau ngasih masukan…? #kehabisan ide ha..ha…

kalau di dunia maya…??

Kita bisa berteman tanpa tau umur, tanpa tau penampilan (sebagian.. sih ), tanpa tau kerjaan, tanpa tau jabatan, tanpa tau kekayaan, tanpa tau cakep atau jelek, tanpa tau keadaan fisik cacat atau nggak, tanpa tau tingkat pendidikan, tanpa tau suku, agama, ras, daerah asal, domisili dimana, tanpa tau sifat atau prinsipnya gimana cocok nggak dengan kita, tanpa tau….

Semua murni untuk berteman….!!

Tapi tetap hati-hati ya..kalau udah minta yang macem-macem… W A S P A D A !!!

Jangan sampai kejadian dulu terulang lagi… OK..!!! ๐Ÿ˜‰

So, Mari jadikan dunia maya dunia yang nyaman untuk bertualang, berekspresi, dan berbagi… ๐Ÿ˜›

HAPPY MONDAY EVERYBODY.. Semoga minggu ini lebih baik dari minggu kemaren ya…

#24.. Celoteh Anak ….

1 Mar

Sabtu sore, nunggu maghrib sambil nemenin Yara dan Yaris nonton TV ..lihat Yafie yang bolak-balik buka lemari pakaian habis mandi, pake baju rapi jali dan wangi.

Mama : “Kemana, Bang..? ”

Yafie : “Kan Malam Minggu, Ma…”

Mama : “O..ohh..”

Balik lagi nonton TV. Nggak lama Yaumil keluar kamar dengan baju yang rapi juga;

Mama : “Rapi amat… kemana, Nak ?”

Yaumil : “Biasa , Ma.. Malam minggu ”

Mama : “oOOhh..”

Selesai maghrib, semua udah ngumpul dimeja makan

Mama : ” Lho.. Yaris mana ? Ajooo… makaannn…”

Yaris : ” Yaaa… lagi pake baju..”

Nggak lama keluar, dengan kemeja dan celana panjang plus ikat pinggang

Mama : #heran padahal abis mandi sore udah tukar baju ” Kok pake baju bagus gitu..?”

Yaris : ” Ajo kan mau malam minggu …” dengan cuek sambil ambil piring

Semua : ” Bhhuuanha..ha…aha..haaa ”

HAPPY TUESDAY, EVERYBODY…!!! ๐Ÿ˜›

Catatan: Yaris lebih suka dipanggil Ajo dan masih sekolah di TK, umurnya baru 6 tahun

#17.. Think Twice..

10 Feb

Tulisan kali ini teramat subyektif ya… Nggak ada pemaksaan kehendak disini.. ๐Ÿ˜†
Dan sebelum baca.. tak kasih lagu dulu biar enak…

Beberapa kali saat blogwalking saya senyum-senyum sendiri atau malah membaca dengan kening berkerut (bayangin kerut kening Bebi Romeo di X-Factor he..he… sukaaa..) isi postingan atau komentar-komentar yang masuk. Ada beberapa hal yang kadang bikin saya mikir sendiri betapa sebenarnya kita (atau cuman perasaan saya aja ..? ) telah menciptakan kotak-kotak. Iya… kotak gitu yang empat sisinya ada dasar plus atapnya.. bukan cuma sekedar dinding pembatas yang masih bisa dicari celahnya.

Pertama waktu ada kasus blogger yang doyan tipu-tipu, kemudian disambut dengan postingan “Real Blogger”. Ini jadi tanda tanya serius dalam otak saya sebagai seorang newbie di dunia maya ini. Apakah dengan nila setitik harus rusak susu sebelanga ? Ini pepatah jadul yang (mungkin) masih berakar kuat ya… Semua meningkatkan kewaspadaan sampai-sampai ngeblog pun harus diketahui ke-nyata-annya…

Yang bikin saya nggak habis pikir… dunia sekarang kan nggak cuma dunia fana dan dunia akherat, ada pendatang baru yang bernama indah Dunia Maya ( Maya itu cantik lho… suer..!! ponakan saya…) Dan maya pun datang dengan segala keindahannya yang membius orang-orang… ( apaan sih..???!!! ) Maksud saya gini : Dunia maya itu memang dunia yang adanya diawang-awang, segala hal bisa terjadi layaknya didunia nyata. Tapi didunia maya kita bisa melakonkan apa saja sesuai dengan keinginan kita kan ? Unek-unek yang terpendam, kepribadian lain yang tersembunyi ( liat diri sendiri..), mimpi-mimpi yang tak teraih, keinginan yang tak terjangkau,cita-cita yang tak teraih, de es be… semua bisa kita lakonkan selagi mau dan menghilang saat kejenuhan datang..Nggak ada yang menyuruh atau membatasi . Tapi itu semua hanya bisa dimainkan dengan perantara si inet dan tarian diatas kibod kan.. ? Tanpa itu ? Kembalilah ke dunia nyata..

So.. ada batas yang jelas atas dunia ini kan ? Jadi kalau ada persahabatan yang tercipta dari maya dan bertemu di nyata.. itu sesuatu yang patut disyukuri.. tapi nggak semua orang menyukai pertemuan dalam bentuk fisik kan ? Disini.. sekali lagi tidak ada pemaksaan.. bersahabatpun bisa walau tak tau wajah, strata, bahkan suara..!!

Kedua, beberapa kali saya membaca komentar yang masuk diblog teman-teman yang agak aneh ( dikiiitt..) : “Eh kok postingan kamu meniru punya aku sih ” atau ” Kamu nulis gini karena baca postku yang itu ya…” atau ” Nulis apaan sih.. ” atau malah yang lebih dahsyat ” Mau obat…. ( dikasih link..) ” Ini yang bikin saya ngakak..

Nggak… saya nggak nyalahin komen tersebut kok.. Cuma mikir hebatnya WP yang menyediakan moderasi komentar sehingga kita bisa menyaring komentar yang masuk ke blog kita.. disetujui atau tidak… semua tergantung pemilik blog ! OK kan..? Iya dong kan rumah kita sendiri.. tergantung kita menerima tamunya… ๐Ÿ™‚

Dan soal yang merasa isi postingan sama… saya punya pengalaman pribadi : Duluuu jaman sekolah saya suka minjam buku catatan teman dan iseng coret-coret beberapa baris kata ( biasalah anak muda .. berasa jadi pujangga..) Saya ingat kalimat terakhir yang saya tulis adalah :” … buka lembaran kita suci.. Tuju dan cari dimana namamu tertera ” (cie…cie…) Saya nulis gitu karena pas malamnya baca Al Qur’an dan ada kata yang sama dengan nama sang teman. Eh besoknya, di Mading ( Majalah Dinding ) ada puisi yang ditulis senior dengan kata-kata yang sama dengan coretan saya dibuku teman tadi. Tau sendiri kan ? Si teman nuduh saya njiplak puisi sang senior.. padahal sumpah nggak !!!

Jadi poinnya, kadang ide yang muncul bisa sama kok.. atau memang teman dapat ide dari tulisan kita.. so what ?? Nggak masalah kan ? Atau cuma perlu pengakuan ??? Whatever – lah …Selama itu tidak menyangkut kepentingan publik.. No what-what deh. Saya pernah komen di sebuah blog.. yang kemudian saya sesali hingga buru-buru minta yang punya blog menghapusnya.. Nggak enak aja, takut terjadi salah mengartikan..bisa jadi polemik. Atau komen saya disuatu blog yang nggak muncul-muncul gara-gara protes ( dengan garang..!! ) saat ada masalah film Cinta tapi Beda. Hanya karena sang pemilik blog melakukan sesuatu hal mengatasnamakan suku/golongan tertentu.. padahal siapaaa juga yang menunjuk dia sebagai perwakilan..Cari muka…!!

Sejak itu saya selalu berfikir dua,tiga bahkan empat kali saat bikin postingan atau berkomentar.. Menyimpan beberapa postingan gara-gara mirip dengan post yang muncul di blog yang saya ikuti, “menelan” lagi komentar saya yang rasanya tidak layak tayang…

Kesimpulan dari celotehan tanpa ujung pangkal ini adalah : Siapapun kita, Apapun kita, Dimanapun kita, Mengapa tidak membuat semua ini menjadi sesuatu yaang indah dan menyenang ? Kenapa Nggak.. karena Blogging is Blissfulness, Togetherness..

HAPPY BLOGGING, HAPPY MONDAY EVERYBODY….

#15.. Ignorance is a Blessing

7 Feb

Disebuah warung makan

Seorang bapak tua dengan tangan yang gemetar menghitung helaian kertas ribuan untuk membayar makan siangnya. Pemandangan itu menarik perhatian saya yang duduk tidak jauh darinya. Bermacam praduga mampir di otak : Nggak punya anak ? Kerjaannya apa ? Tinggal di mana ? Baju yang lusuh dan peci yang udah usang membuat saya makin bersimpati..
Dan akhirnya makan siang saya dibayar double dengan makan siang si bapak…

Ketika saya melewati pintu, akhirnya saya tau sesuatu…

Satpam yang guanteng tersenyum sambil membuka pintu. Saat saya mengucapkan terima kasih, dia bilang sesuatu yang nggak langsung bisa saya mengerti ;

Saya : “Maaf, bapak bilang apa ?”
Satpam : ” Ibu nggak kenal bapak tadi ?”
Saya : ” Yang mana …? ” sambil celingukan
Satpam : ” Yang tadi ibu bayarin makan siangnya ”
Saya : ” Oh..nggak… nggak kenal. Kenapa ya… ”
Satpam : ” Kok dibayarin , Buk…”
Saya : ” hmmm ” ( cuma bisa senyum, nggak tau harus bilang apa )
Satpam : ” Dia kan kaya, Buk.. BANDAR TOGEL ”
Saya : #melongo-wajah bloon -terbelalak ” @#$%^^&*!!!!”

Ternyata….

Saya akan lebih ikhlas seandainya saya tidak tahu…
Saya akan lebih rela bila saya tidak diberi tahu…
Saya akan lebih berbahagia sekiranya saya tidak pernah tahu…

#09 Manfaat Garam

15 Jan

Gara-gara masak malam hari ( takut besok nggak keburu, karena jadwal penuh.. #gayasokselebsibuk ) dan kehabisan garam, saya akhirnya malah nongkrong di depan LPย  ( LaptoP , maksudne…) dan nyasar ke urusan garam menggaram..

Ternyata sodara sekalian, benda remeh tapi penting (buanget ) itu ada banyak manfaatnya lho selain bikin masakan maknyus .. seperti beberapa hal dibawah iniย  :

  1. Membersihkan Pakaian, Karpet, Besi, Kaca,
  2. Menghilangkan Bau
  3. Membersihkan Kulkas
  4. Untuk mata lelah, pembersih wajah dan kaki
  5. Untuk kulit berminyak, dan meluruhkan kulit mati
  6. Untuk mencegah penyakit gondok, menambah semangat
  7. Membantu metabolisme tubuh dan membuang racun
  8. Meningkatkan kekebalan tubuh
  9. Membunuh tanaman beracun dan ulat
  10. Menyembuhkan sariawan, gigitan lebah, sakit gigi dan tenggorokan

Nah, baru tau kanย  (ngomong ke diri sendiri.. ) ? Makanya rajin-rajin surfing,ย  browsing,ย  blogwalking, janganย  sleeping terus… ( bangga euy bisa pake bahasa syusyah.. hah..hah..hah )

dan tiba-tiba ada teriakan kenceng dari dapur….

MAAAAA,ย  IKANNYA ANGUUSSSS….!!!!”

Wadduuuhhh… ๐Ÿ˜ฏ ย  ๐Ÿ˜ณย  :mrgreen:

 

Keterangan :

1 s/d 3 ada di sini ย 4 dan 5 ada di sono ย  6 s/d 8 ada di sinuย  ย  9 dan 10 ada di sana

 

Nb : Mohon ya ikuti saran penyajian dan cara pemakaiannya…kalau terjadi kesalahan atau tidak sembuh dalamย  3 hari itu bukan kesalahan andaย  dan saya …cukup bilang ” Kurang Asin!!!! “…( Tambah lagiii….)